Langsung ke konten utama

30 Hari Tanpa Medsos | BELAJAR LEBIH PRODUKTIF!

Tantangan ini kubuat untuk diriku sendiri. Aku ingin mencoba hidup 30 hari tanpa medsos karna aku ngrasa waktuku udah banyak banget kebuang buat mantengin medsos. Sebenernya judulnya agak alay sih, yang bener 30 Hari Mengurangi Medsos. :D

Aku adalah tipe orang introvert yang sebenernya malah lebih seneng komunikasi via dunia maya. Tapi disitulah pula kelemahanku. Sebagai contoh kalo pas buka instagram karna ada notif komen, dilihat, trus komen balik. Abis itu scrol ada postingan orang yang menarik, ngeliat, scrol scrol scrol dan ga sadar udah berjam-jam begitu. Apalagi kalo udah ngepoin akun akun "berita gosip" pasti susah berenti karna kepo terus.

Kebeneran, tadi malem barusan nonton video di Youtube yang ngasih tau kalo beliau "keluar" dari dunia per medsos-an dan naikin income jadi 3x lipat. Alasan ini lah yang bikin aku jadi semakin termotivasi buat nglakuin tantangan ini. Di video yang semalem aku lihat, dijelasin kenapa sosmed bisa bikin pemakainya kecanduan. Yang kufahami sih notifikasi komen, like, follow itu bisa bikin otak jadi seneng terus jadi ketagihan, gitulah kurang lebih. Nah, kayanya aku juga udah kena candu sosmed dan bikin aku jadi ga produktif karna ngabisin waktu cuma buat kepoin orang di dunia maya. Percaya atau enggak, setelah berlama-lama main sosmed biasanya moodku jadi jelek buat gambar atau nglakuin aktivitas lain. Itulah kenapa sosmed tak lagi ramah untukku.

Sebenernya aku udah lama ngrasain kecanduan dan pengen mengatasi kecanduan ini. Tapi gatau ya belum nemu metode yang tepat. Salah satu yang pernah kucoba dan masih menerapkan sampe sekarang adalah matiin notifikasi WhatsApp. Kalo kalian tau, aku punya sekitar 40-50 grup whatsapp yang setiap saat slalu muncul notif dari anggota grup. Aku sebenernya risih. Dan udah sering left grup, tapi entah temen-temen ga peka, eh di invite lagi. Bukannya apa-apa tapi aku ga bisa mengendalikan diriku yang slalu kepo kalo ada chat masuk. Efeknya yaaaa menghabiskan waktu [LAGI!]. Kalo sekarang sih, notifnya kumatiin. Buka beberapa jam sekali aja dan paling buka chat pribadi aja. Kalo chat di grup biasanya cuma dibuka aja ga dibaca.

Nah, kembali ke tantangan 30 hari tanpa sosmed. Beberapa sosmed yang menurutku ga begitu penting, bakalan ku non-aktifkan. Kaya FB, twitter. Nah kalo si instagram, karna follower udah banyak dan jadi tempat jualan, maka rencanaku adalah tetep aktif tapiiiii hanya buka akun IG maksimal 30 menit sehari. Untuk urusan posting, aku pake aplikasi Apphi yang ngebantu menjadwalkan postingan. Jadi ga perlu repot buka aplikasi IG, biar ga salah fokus. 30 menit itu akan kugunakan buat ngecek DM, barangkali ada yang order gambar hehehee.

Rencanaku 30 hari kedepan biar bisa jadi lebih produktif nulis di blog, bikin video di youtube dan pastinya lebih banyak jualan produk gambar. Bismillah. Menuju 30 Hari Lebih Produktif. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Prak 7 – Remake “One Little Finger” by Super Simple Song (Part 4)
Prak 7 – Remake “One Little Finger” by Super Simple Song (Part 1)
Prak 7 – Remake “One Little Finger” by Super Simple Song (Part 3)